Minggu, 09 Oktober 2016

Gejala Kerusakan Hati akibat Obat

Gejala Kerusakan Hati akibat Obat, Bersifat “dose-dependent”. Pada dosis melebihi yang dianjurkan.
Gejala Kerusakan Hati akibat Obat, Konsumsi obat berlebihan atau melebihi dosis yang di anjurkan dapat menyebabkan kerusakan parenkim hati dengan cepat, menyerupai gejala hepatitis viral akut. Beberapa contoh antara lain obat-obat anti-inflamasinon-steroid untuk pereda nyeri dan radang. FDA-USA telah memperingatkan kembali bahwa dosis tinggi parasetamol dapat berdampak buruk bagi hati. Bisa juga obat telah beredar lalu ditarik dari peredaran seperti obat “nimesulide” yang mengakibatkan gangguan fatal hati di beberapa negara.
Meskipun hepatitis akibat obat cenderung akut, tapi jika tidak disadari dapat menyebabkan kerusakan permanen menjadi hepatitis kronis. Pemakaian suatu obat dalam jangka lama juga dapat menyebabkan kerusakan parenkim hati dengan lambat, menyerupai gejala hepatitis kronik aktif. Contohnya adalah obat tuberkulostatik INH yang diberikan pada tipe penderita tertentu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar