Rabu, 25 Juni 2014

Mengenal Penyakit Batu Empedu

Mengenal Penyakit Batu Empedu, Informasi Mengenai Penyakit Batu Empedu Dan Diagnosa Penyakit Batu Empedu!
Seiring dengan kemajuan ekonomi, pola hidup pun berubah. Makanan cepat saji tersedia di manamana. Makanan cepat saji merupakan salah satu penyebab peningkatan kegemukan atau obesitas. Dengan kegemukan ini, berarti risiko perlemakan hati akan meningkat dan memudahkan pembentukan batu empedu.
Mengenal Penyakit Batu Empedu, Batu empedu adalah hasil timbunan kristalin-kristalin yang dibentuk oleh tubuh di saluran dan di kantong empedu. ada dua jenis tipe batu empedu yang berbeda, yakni batu kolesterol dan batu pigment. batu kolesterol terjadi dikarenakan kolesterol. sekitar 80% dari kasus batu kolesterol ditemukan di benua eropa dan amerika. sementara, batu pigment terjadi dikarenakan infeksi. kasus batu pigment ini lebih sering ditemukan di asia tenggara dan indonesia.
pada wanita, faktor risiko untuk terjadinya batu kolesterol lebih banyak dibanding pada pria. selain itu, faktor risiko terjadinya batu empedu antara lain umur yang meningkat (40 tahun), kegemukan, kehamilan, penggunaan pil kontrol kb, penggunaan hormon terapi, penurunan berat badan cepat, serta triglyserida yang meningkat. sementara, untuk batu pigment, faktor risiko terjadinya bisa karena infeksi atau pun sirosis hati penyakit thalasemia.

Diagnosa Batu Empedu

sering dokter memerlukan bantuan alat untuk mengkonfirmasikan adanya batu empedu. Cara mengkonfirmasikan adanya batu empedu yang paling aman adalah usg. usg (ultra sonic graphic) ini adalah metode yang memiliki akurasi ketepatan tinggi. bila usg masih belum bisa memastikan kemungkinan adanya batu empedu, Ct (Computer tomography) scan atau mri (magnetic resonance imaging) akan digunakan. bila terdapat batu di bagian saluran utama (choledochus) empedu, metode erCp (endoscopic retrograde Choledoch pancreographic) atau mrCp (magnetic resonance Choledocho pancreograpmc) akan digunakan untuk memastikan batu tersebut. pemeriksaan ini semua harus disertai dengan pemeriksaan darah dan fungsi lever yang lengkap
Kembali Ke Halaman Depan: Gold G >>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar