Jumat, 27 September 2013

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Jantung, Informasi Manfaat Kesehatan Dari Minyak Zaitun Untuk Organ Jantung!
Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Jantung, Peran minyak zaitun terhadap kesehatan jantung dibuktikan oleh riset dari Eurolive Study Group. Riset melibatkan 200 laki-laki sehat berumur 20—60 tahun. Para peneliti membandingkan konsumsi minyak zaitun murni—tinggi kandungan polifenol, minyak zaitun hasil sulingan (polifenol-nya rendah), dan kombinasi keduanya dengan kandungan polifenol sedang. Setiap responden meminum 1 sendok makan salah satu jenis minyak zaitun itu setiap hari selama 3 minggu. Di awal dan akhir pengujian, dilakukan tes darah pada responden untuk mengukur kadar kolesterol mereka. Hasilnya konsumsi minyak zaitun murni meningkatkan jumlah high density lipoprotein (HDL), si kolesterol baik. Itu dibarengi dengan kemampuan mengurangi risiko pembekuan darah penyebab penyakit jantung. Riset menunjukkan kandungan polifenol baik untuk kesehatan jantung. Itulah yang dirasakan oleh seorang pasien di Bandung, Jawa Barat. Bertahun-tahun pria asal Semarang itu hidup dalam stres karena menderita penyakit jantung. Kadar low density lipoprotein (LDL)—kolesterol jahat—dalam tubuhnya kerap bercokol di angka 180—200 mg/dl. Normal, kurang dari 100 mg/dl. Sementara kadar kolesterol baik hanya 35—38 mg/dl. Pada kondisi sehat jumlah HDL 40—60 mg/dl. Tingginya kadar LDL dan HDL rendah memicu serangan jantung koroner. Maka dari itu pada 2005 ia menjalani 3 kali operasi pemasangan stent. Itu tindakan pemasangan cincin ke pembuluh darah dekat jantung untuk membuka sumbatan lemak dan trombos. Untuk itu ia mesti mengeluarkan ongkos Rp34-juta untuk 1 stent saja. Demi menutup total biaya Rp400-juta untuk 3 kali operasi ia menjual rumah, tanah, dan meminjam uang ke kirikanan.
Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Jantung, Tindakan operasi dibarengi dengan berpantang makanan dan asupan obat. Selama pengobatan semua makanan berminyak tidak dikonsumsi. Kadar kolesterol jahat dan trigliserida ditekan dengan konsumsi obat. Toh kematian tetap bagaikan di depan mata. Hasil pemeriksaan menunjukkan pascaoperasi pertama kerusakan pada pembuluh darah kian parah. Dari 100% pembuluh darah, tinggal 0,5% yang bekerja. Stres karena penyakit menyebabkan bobot badannya dengan cepat merosot dari 58 kg menjadi 48 kg. Pada 2008 ia mulai mengkonsumsi minyak zaitun. Seorang adik yang tinggal di Selandia Baru bercerita jika emas cair itu baik untuk kesehatan, termasuk jantung.
Minyak zaitun diminum 3 sendok sehari: pagi, siang, dan malam. Setahun konsumsi, angka HDL mendekati 40 mg/dl. Pada kontrol darah terakhir angkanya menjadi 52 mg/dl. Sementara nilai LDL turun menjadi 58 mg/dl. Sejak itu keluhan sakit jantung tak merisaukannya lagi, Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Jantung. Menurut Prof Elin Yulinah Sukandar dari Sekolah Farmasi ITB, nilai LDL turun karena peran omega 3 pada minyak zaitun. Selain itu kandungan fitosterolnya mampu mengusir kolesterol jahat dari tubuh. “Omega 3 juga mencegah oksidasi LDL agar tidak mengendap penyebab di pembuluh darah,” kata Elin. Penyempitan pembuluh darah alias arteriosklerosis menjadi awal terjadinya berbagai penyakit kardiovaskuler seperti jantung koroner, darah tinggi, dan stroke.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar